bLogNya RiKk!

WLAN INFRASTRUKTUR



WLAN arsitektur merupakan salah satu mode konfigurasi dalam Wirless Area Network Konfigurasi infrastruktur adalah komunikasi antar masing-masing PC melalui sebuah access point pada WLAN atau LAN.Mode konfigurasi ini dipakai untuk mengakses sebuah jaringana kabel ( Wireline ) secara wireless.
Photobucket

Untuk dapat mengakses jaringan kabel tersebut secara wireless maka di butuhkan adanya Access Point.Access Point merupakan perangkat yang menghubungkan atau sebagai sentra koneksi antara user ke penyedia internet ( ISP ). Access-Point bekerja dengan cara mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui kabel, atau disalurkan ke perangkat WLAN yang lain dengan dikonversikan ulang menjadi sinyal frekuensi radio.Salah satu contoh Access Point adalah Wireless Router,perangkat ini memiliki kemampuan setingkat router di komunkasi wireline karena juga memfordwarkan paket data tetapi secara wireless.

Photobucket
Gambar Wireless Router

Sedangkan untuk menangkap sinyal dari access point ini di PC user maka dibutuhkan lagi wireless adapter,tetapi jika user menggunakan Laptop maka tidak perlu lagi karena sudah ada di internal Laptop.

Photobucket
Gambar wireless adapter

Artikel ini membahas WLAN Arsitektur dengan menggunakan Acces Point berupa Wireless Router merek Lynksys dan adapter merek DLINK. Artikel ini sekaligus menjadi laporan dari praktikukum yang telah dilakukan.Mungkin setiap produk yang berbeda akan mempunyai cara konfigurasi yang berbeda juga.Sebelum menghubungkan wirless router ini ke jaringan LAN maka hal pertama yang dilakukan adalah mengkoneksikan semua PC ke acces point.Di sini acces point yang di konfigurasi melalui PC dengan kabel straight ke port Ethernet di wireless router.

IP 192.168.1.1 adalah IP default dari acces point maka IP di PC juga harus mengikuti kelas IP ini.Dan pada gateway yang di isikan adalah IP 192.168.1.1 karena kita akan melewati jaringan ini untuk melakukan komunikasi ke PC yang lain.setelah semua PC terkoneksi maka langkah selanjutnya adalah menghubungkan acces point ke jaringan LAN.

Untuk pengaturan ini dilakukan saja secara wireless dari salah satu PC yang telah terhubung tadi melalui wireless adapter.Caranya masuk ke net browser dan memasukkan alamat IP default tadi (192.168.1.1) dari sini maka akan masuk ke system acces point.

Pada tab setup :
Photobucket

Untuk pemberian nama SSID ada d tab Wireless :
Photobucket

Untuk mengetahui apakah acces point sudah terhubung ke jar LAN maka kita bisa melihat di tab Status.Jika sudah maka kita akan memperoleh IP secara otoatis dari server.
Photobucket

Jika di status ini kita telah memperoleh IP berarti kita telah terkoneksi dan mendapat IP dari server.IP ini otomatis karena tadi yang kita pilih di “connection type “ adalah otomatis DHCP. DHCP ( Dynamic Host Configuration Protocol ) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.

Walaupun di tab setup kita tidak memasukkan DNS yang telah kita dapat tetapi kita akan tetap bisa terkoneksi ke jaringan LAN karena configurasi yang kita pilih adalah otomatis.Untuk mengecek sekali lagi kita bisa dengan cara melakukan ping,misalnya ke google.com
Photobucket

Satu lagi hal penting yang harus kita lakukan adalah mengganti IP dari IP “following “ke mode “Obtain an Ip address automatically” jika kita mengunakan mode DHCP automatic.Pemilihan ini berarti masing-masing PC mendapat IP secara otomatis dari server.Hal ini penting karena IP yang tadi kita gunakan yang satu kelas dan satu network dengan perangkat acces point (192.168.1.1) belum tentu satu kelas dan network denganjaringan LAN.Buktinya IP yang d dapat dari server waktu praktikum adalah 172.16.39.7 IP ini berbeda kelas dan network dari IP sebelumnya atau IP access point.

Selain masalah IP posisi dari perangkat access point juga berpengaruh.Antena di access point Linksys bisa dijadikan bentuk Omni dengan posisi antenna berdiri (90’ terhadap perangkat) dan directional dengan posisi antenna sejajar dengan perangkat.Tetapi untuk lebih luas biasanya antenna dijadikan bentuk Omni dan diletakkan di tempat yang lebih tinggi.

Karena sinyal dari perangkat wireless ini adalah sinyal radio maka jika banyak penghalang seperti dinding akan menyebabkan terjadinya redaman terhadap sinyal tersebut.

1 Response to "WLAN INFRASTRUKTUR"

  1. lana says:
    6 Juli 2010 16.01

    sukses jadi admin networking.....

Poskan Komentar